Menguak Black Panther, Film Terakhir Marvel Sebelum Infinity War

Posted on

Sehubungan dengan lagi hot-hotnya film Spiderman: Homecoming yang sedang tayang di bioskop saat ini, maka rasanya sekarang jadi waktu yang tepat juga untuk ngelirik kedepannya apa aja yang ada di store nya Marvel Studios. Yang paling ditunggu-tunggu pastinya tahun depan adalah film Avengers 3 yang akan bertitle Infinity War, namun sebelum sampai kesana, masih akan ada 2 “episode” lagi yang akan dirilis oleh marvel cinematic universe yaitu Thor: Ragnarok dan Black Panther.

Menguak Black Panther, Film Terakhir Marvel Sebelum Infinity War

Thor akan rilis November ini sebagai penutup kiprah marvel cinematic universe di tahun 2017, dan 2018 akan diawali oleh Black Panther sebelum akhirnya semua superhero join forces di Avengers 3, juga di tahun 2018. Kali ini gw akan membahas tentang film yang kedua, yaitu Black Panther, bukan cuma karena karakter ini merupakan superhero favorit admin :), namun juga film ini akan menjadi potongan puzzle terakhir yang akan melengkapi status para Avengers sebelum Infinity War, sehingga pembahasan ini bakal spesifik tentang status film, karakter dan plot nya, jadi, semoga enjoy! 

Siapa Sih Black Panther?

Sesuai sejarah di versi komik, Black Panther adalah karakter yang diciptakan oleh Stan Lee, yang pertama kali muncul di Fantastic Four #52 pada bulan Juli tahun 1966 sebagai superhero berkulit hitam yang pertama di komik mainstream Amerika sebelum kemudian disusul oleh Falcon dan Luke Cage. Black Panther merupakan pemimpin tertinggi di Negara Wakanda yang merupakan negara yang sangat terisolasi di pedalaman Afrika, namun ternyata juga adalah negara dengan teknologi paling canggih di seantero bumi, dan kaya akan vibranium, logam terkuat di bumi yang menjadi material dasar tameng Captain America. Selain dengan Avengers, Black Panther juga terlibat dengan The Defenders, Fantastic Four Ultimates dan Fantastic Forces.

Sementara Black Panther yang kita kenal sekarang adalah versi yang telah diadaptasi ke Marvel Cinematic Universe, yang pertama kali diperkenalkan tahun lalu di film Captain America: Civil War dengan T’Challa sebagai alter ego nya. Dalam versi komik, ayah T’Challa yaitu T’Chaka adalah pemegang mantel Black Panther sebelumnya, dan merupakan salah satu member The Avengers yang paling ikonik. Gimanapun juga, di Marvel Cinematic Universe, The Avengers udah terbentuk dan Black Panther saat ini masih berstatus sebagai ally dari para Avengers, yang mungkin akan berubah setelah film Avengers 3 nanti.

Apa Sih Kemampuan Black Panther?

Dalam versi Marvel Cinematic Universe, dimana sejauh ini reference kita hanyalah dari film Captain America Civil War dan teaser trailer Black Panther, kemampuan yang sudah dipamerkan oleh T’Challa adalah skill combat nya yang jauh diatas rata-rata hingga mampu menandingi Captain America yang merupakan seorang super soldier. Selain itu, Black Panther juga memiliki insting yang sangat tajam, kecepatan dan kelenturan serta didukung oleh sumber daya yang seolah ga ada habisnya baik uang maupun teknologi. Supersuit nya murni dari vibranium sehingga anti peluru.

Bahkan menurut survey, kekayaan Black Panther jauh diatas Iron Man ($12.4 billion) dan Batman ($9.2 billion) karena jumlah total asetnya senilai $90.7 trillion !

Tanggal Rilis Film, Rating Dan Sutradaranya

Sesuai official announcement dari Marvel Studios, tanggal rilis Black Panther adalah 16 Februari 2018 di USA. Film ini akan disutradarai oleh director berkulit hitam pertama yang di-hire oleh Marvel Cinematic Universe yaitu Ryan Coogler. Kalo agan pernah nonton film Fruitvale Station sama Creed, nah itulah 2 karya Ryan Coogler yang terbesar sebelum Black Panther ini. Masih berusia 31 tahun (doi kelahiran Mei 1986), Marvel Cinematic Universe emang punya kecenderungan ngerekrut director yang ga selalu bikin film blockbuster, tapi hasilnya sangat memuaskan (Scott Derrickson – Doctor Strange, Jon Watts – Spiderman, mungkin Taika Waititi – Thor akan menyusul kesuksesannya juga).

Sementara untuk rating, berbeda dengan X-Men universe khususnya untuk Logan dan Deadpool yang sangat sukses dengan rating R, Black Panther nampaknya masih akan menggunakan PG-13 seperti layaknya film-film MCU yang udah-udah.

Karakter Yang Akan Muncul Dan Cast-nya

Semenjak Iron Man 2, marvel cinematic universe tidak asing lagi dengan konsep superhero partnership. Di spiderman kemarin, Iron Man muncul, dan di Thor nanti kita juga tau kalo Hulk akan muncul bahu membahu dengan Thor, serta Ant Man and The Wasp (dari judulnya juga udah ketauan) akan berpartner di 2018 nanti.

Bagaimanapun juga, Black Panther ga akan berpartner dengan satu major superhero character, namun juga ga akan mengangkat origin story. Kalo dari karakter yang confirmed akan tampil di Black Panther nanti, film ini bakal banyak mengeksploitasi sudut-sudut Wakanda terutama keindahan dan kecanggihannya, terlepas dari cerita utamanya. Erik Kilmonger, Everett Ross, Ulysses Klaue, M’Baku akan muncul, dan mereka-mereka ini adalah villain dan supporting character yang juga punya sejarah panjang dengan Black Panther di versi komik.

Untuk cast nya, film ini terbilang unik karena didominasi dengan para aktor berkulit hitam. Untuk ukuran film MCU, inilah cast ensemble dengan black actor terbanyak, namun juga gw berani bilang kalo ini termasuk salah satu film dengan deretan cast paling luar biasa. Gimana enggak, ada 2 Oscar winner disitu (Lupita Nyong’o dan Forrest Whitaker). Tambah lagi aktris senior yang juga merupakan Oscar nominee Angela Bassett, bintang The Walking Dead Danai Gurira, Michael B. Jordan si Creed, dan kembalinya Martin Freeman serta Andy Serkis sebagai Ross dan Klaue. Gila ini gan!

Plot Dan Koneksinya Ke Infinity War

Plot yang sudah resmi sejauh ini adalah, event Black Panther akan terjadi sesudah Captain America civil war, dimana T’Challa kembali ke Wakanda setelah membantu menangkap Helmut Zemo. Disitu dia akan belajar untuk menggantikan ayahnya memimpin Wakanda, dan dia akan menerima tantangan dari Erik Kilmonger yang banyak ga sependapatnya dengan T’Challa.

Sementara, setelah film Captain America: Civil War, kita tahu bahwa Wakanda saat ini menjadi tempat persembunyian bagi Steve Rogers dan Bucky Barnes. Bucky bahkan mendapat bantuan dari Wakanda untuk kembali ke ice mode hingga ditemukan cara untuk menonaktifkan soldier mode nya. Jadi menurut gw kita boleh berasumsi kalo mereka berdua akan berangkat ke Infinity War berdampingan dengan Black Panther nantinya, karena ketiga karakter ini sudah di confirm akan tampil juga di Avengers Infinity War, sehingga apapun yang terjadi, pada akhirnya mereka akan join forces dengan The Avengers untuk ngelawan Thanos, cuma dengan kondisi kayak apa nantinya, kita belum tau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *